Senin, 08 Agustus 2016

Analisis Traffik Jaringan Menggunakan IPTraf di Linux

NAMA                   : ROHANA
NIM                      : 2016 050003
MATA KULIAH : MENDESAIN DAN MEMBANGUN SERVER

Pada pembahasan di blog kali ini, penulis akan membahas mengenai analisis traffik jaringan menggunakan IPTraf di Linux. Dimana, IPTraf merupakan salah satu aplikasi open source di Linux untuk mengetahui traffik jaringan komputer atau mengetahui seberapa padatnya jaringan yang lalu-lalang di komputer kita.

Untuk melakukan praktik ini, komputer beserta sistem operasi Linux di dalamnya dan wajib terhubung ke internet. Berikut langkah-langkahnya :

1. Langkah pertama yaitu kita harus menjadi root karena kita akan melakukan proses instalasi aplikasi yang mana memerlukan akses ke sistem. Caranya buka terminal linux, lalu ketikkan kata sudo su atau su (sesuai distro linux yang kita gunakan) Dalam hal ini penulis akan mengetikkan kata sudo su karena menggunakan distro linux elementary.

rohana@rohana-MS-7636:~$ sudo su
[sudo] password for rohana: 
root@rohana-MS-7636:/home/rohana# 


Ket : Perubahan tanda dari ~$ menjadi # menandakan kita telah menjadi root

2. Selanjutnya kita akan melakukan proses intalisasi aplikasi open source IPTraf dengan mengetikkan apt-get install iptraf di terminal Linux kita


Gambar proses intalasi aplikasi IPTraf


3. Jalankan aplikasi IPTraf yang sudah terintall tersebut dengan mengetikkan kata iptraf. Jika kita menjalankan sebagai pengguna biasa, IPTraf akan memberikan pesan peringatan, sebagai berikut :

rohana@rohana-MS-7636:~$ iptraf

IPTraf Version 3.0.0
Copyright (c) Gerard Paul Java 1997-2004l

This program can be run only by the system administrator

Setelah itu, akan disajikan tampilan awal berupa aplikasi mengenai aplikasi IPTraf beserta dengan versi, pengembangan, dan lainnya. Lalu tekan tombol Enter

Gambar aplikasi IPTraf


4. Langkah selanjutnya adalah memilih salah satu opsi yang ditawarkan oleh IPTraf, yaitu IP Traffik Monitor, tekan tombol enter kemudian memilih sub opsi All Interface untuk melihat trafik semua interface pada jaringan komputer kita. 

Gambar memilih Interface pada IPTraf


5. IPtraf akan segera menampilkan informasi traffik di jaringan kita

Gambar menampilkan informasi traffik jaringan melalui IPTraf di Linux


6. Untuk mengkombinasikan tekan tombol ctrl x untuk menghentikan proses monitoring. Kemudian pilih sub opsi untuk etho (wired) melalui opsi IP Traffik Monitoring--->etho

  7. Tekan kembali ctrl x, kemudian pilih opsi General Interface Statistic untuk melihat statistik umum dari semua interface yang ada di dalam jaringan komputer yang kita gunakan. Gambar berikut ini menampilkan hasil statistik dari jaringan penulis , dimana penulis menggunakan interface etho saja. 

Gambar hasil dari statistik interface di Linux


8. Tekan ctrl x kembali, kemudian pilih sub opsi Detail Statistik Interface, lalu penulis memilih interface etho. Informasi di dalamnya mencakup sejumlah protokol yang digunakan (TCP, UDP, ICMP), pengalamatan jaringan, Total Rate, Icoming Rates, dan Outgoing Rates. 

Gambar Detail Static Interface (EthO) pada IPTraf di Linux


9. Tekan kembali kombinasi ctrl x , kemudian pilih opsi Statiscal Breakdown-->By Packet Size--> lalu pilih interface etho (sesuai yang digunakan penulis). Melalui informasi yang disajikan, kita akan dapat memahami secara lebih baik terkait dengan jumlah paket yang kita terima dan yang kita kirim melalui interface yang kita gunakan. 

Gambar informasi yang disajikan melalui opsi Statiscal Breakdown pada IPTraf di Linux


10. Tekan kombinasi ctrl x, kemudian ulangi langkah no. 9 di atas untuk sub opsi TCP UDP. Informasi yang disajikan melalui sub opsi ini adalah informasi khusus mengenai statistik paket data pada protokol TCP dan UDP di jaringan kita beserta dengan nomor port yang digunakan dan besar paket data. 

Gambar Statiscal Breakdown untuk sub opsi TCP UDP pada IPTraf di Linux


11. Kemudian tekan kembali kombinasi tombol ctrl x, kemudian pilih opsi LAN Station Monitor--> All Interface. maka kita dapat melakukan pemantauan traffik jaringan untuk semua komputer yang terhubung bersama-sama di dalam jaringan komputer yang kita pakai. 


Gambar informasi dari LAN Station Monitor pada IPTraf di Linux

12. Apabila kita telah mahir di dalam jaringan komputer, maka kita bisa mengeksplorasi lebih lanjut kemampuan dari aplikasi open source IPTraf ini. Misalkan pada opsi menu Filter dan Configuration.





Sekian Informasi dari saya. Semoga Bermanfaat 





Referensi :

Pratama, IPAE. Handbook Jaringan Komputer. Informatika. Bandung. 2014.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar