Kamis, 18 Agustus 2016

Panduan Mengecek Rute Paket (Trace) Menggunakan Traceroute di Linux.

Nama             : Rohana
NIM               : 2016 050003
Mata Kuliah  : Mendesain dan Membangun Server

Pembahasan pada blog kali ini adalah mengenai panduan mengecek rute paket (trace) menggunakan traceroute di Linux. Namun, terlebih dahulu kita harus mengetahui definisi dari Traceroute tersebut. Yang mana, Traceroute merupakan aplikasi dan tool open source pada sistem operasi Linux yang dikhususkan untuk membantu pengguna komputer dalam mengecek dan mengetahui rute yang dilewati paket (trace) menuju ke alamat tujuan. Konsep yang digunakan oleh  Traceroute adalah dengan memanfaatkan protokol ICMP (Internet Control Message Protocol)) maupun TCP (Transmission Control Protocol) , khususnya pada Echo Request dan nilai TTl (Time To Life) yang dimiliki oleh protokol IP (Internet Protocol). Perintah dan aplikasi open source traceroute ini dapat digunakan sebagai tool untuk mengetahui kondisi jaringan komputer kita dan proses penanganannya (troubleshooting).

Untuk dapat melakukan praktik traceroute di sistem operasi Linux, pastikan bahwa komputer Anda telah terhubung dengan internet. Kemudian bukalah aplikasi terminal pada sistem operasi Linux anda sebagai pengguna biasa, kemudian cobalah untuk mengetikkan beberapa buah perintah berikut ini :

1. Ketikkan perintah traceroute(spasi)alamat tujuan untuk memperoleh informasi jalur yang dilewati oleh paket untuk menuju ke alamat tujuan (trace), memanfaatkan informasi host/alamat/komputer yang dilewati sepanjang perjalanan. Alamat tujuan dapat berupa IP Address (baik IP publik maupun IP lokal) atau dalam bentuk domain (URL website) Misalkan traceroute www.google.com

Gambar perintah traceroute di Linux dan informasi yang ditampilkan

Berdasarkan informasi pada gambar di atas, bahwa penulis melakukan traceroute terhadap google, lalu hasil dari traceroute tersebut akan memberikan informasi penting kepada kita mengenai rute yang ditempuh oleh paket di dalam jaringan komputer. Informasi menunjukkan berapa hop yang akan dilewati, berapa besar paket yang dikirimkan, dan berapa waktu tempuh yang diperlukan. 

Kali ini penulis akan mencoba melacak baris demi baris dari informasi yang disajikan berdasarkan hasil traceroute tersebut. Misalkan dari informasi pada gambar di atas, untuk baris pertama Anda dapat lihat sebagai berikut :

rohana@rohana-MS-7636:~$ traceroute www.google.com
traceroute to www.google.com (216.58.196.4), 30 hops max, 60 byte packets
 1  192.168.4.1 (192.168.4.1)  0.282 ms  0.354 ms  0.396 ms



Berdasarkan informasi di atas, kita dapat melihat bahwa untuk mencapai alamat tujuan ke www.google.com dari komputer penulis, diperlukan jumlah hop sebanyak 30 buah, dengan total paket data 60 bytes, dalam waktu tempuh maksimal 0.396 ms, melewati sebuah router (sekaligus gateway) yang beralamat pada IP Address 192.168.4.1 (dalam hal ini adalah mikrotik)

Demikian juga, masih berdasarkan gambar di atas, pada baris kedua ditemui informasi trace rute paket data sebagai berikut :

 2  10.10.1.254 (10.10.1.254)  1.068 ms  1.067 ms  1.059 ms


Ini berarti bahwa paket data melewati sebuah host (router dalam hal ini) pada alamat (IP Address) 10.10.1.254. Ini merupakan sebuah alamat IP Public (internet). Anda dapat melacak lebih lanjut (trace) alamat ini dengan mengetikkan perintah traceroute 10.10.1.254.  Dapat dilihat sebagai berikut.


Gambar Melacak alamat IP Publik 10.10.1.254 

Informasi di atas menunjukkan hal yang sama dengan yang dijelaskan sebelumnya. yaitu berapa banyak hop yang dilewati oleh paket data yang dikirimkan, berapa lama waktu yang diperlukan, dan tujuan akhir paket data tersebut.

2. Setelah itu, Anda bisa mengetikkan perintah tracepath alamat tujuan untuk melihat dan mengetahui jalur (rute) yang dilalui oleh paket data menuju ke alamat tujuan. Misalakan tracepath www.google.com. Hal yang membedakan antara tracepath dengan traceroute adalah pada tracepath lebih cenderung digunakan port milik UDP (User Datagram Protocol) dan nilai dari MTU (Maximum Unit Transfer), yaitu ukuran terbesar dari suatu paket data yang dapat ditransfer di dalam jaringan komputer.

Gambar Perintah Tracepath di Linux dan informasi yang ditampilkan


Untuk dapat mengetahuiu panduan lebih lanjut mengenai perintah dan aplikasi utilitas open source tracepath ini, Anda dapat mengetikkan perintah tracepath -help pada terminal Linux Anda. 


Sekian Informasi yang Dapat Penulis Sampaikan. Semoga Bermanfaat  :)



Referensi :
Pratama, IPAE. Handbook Jaringan Komputer. Informatika. Bandung. 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar