Rabu, 03 Agustus 2016

Praktik Menggunakan Aplikasi SSH beserta Gambarnya

NAMA             : ROHANA
NIM                : 2016 050003
MATA KULIAH : MENDESAIN DAN MEMBANGUN SERVER


Hello Guys! Di blog kali ini saya mau sharing pengalaman saya mengenai praktik menggunakan aplikasi SSH. Nah, mengenai praktik menggunakan aplikasi SSH ini akan disajikan juga beserta gambarnya atau print screennya. Pengalaman saya ini bermula saat belajar di mata kuliah mendesain dan membangun server yang dipandu oleh dosen I Putu Agus Eka Pratama S.T,M.T. Saat itu, mahasiswanya ada 3, yaitu saya sendiri (Rohana), dan kedua teman saya (Emi Fitri Utami dan Putu Gede Indra Suryawan). Dimana, kami diminta untuk mempraktikkan penggunaan SSH di OS Linux.

Nah, kali ini saya akan membahas mengenai apa itu SSH? Bagaimana cara menjalankan/menggunakannya? Berikut penjelasannya!

1.Definisi SSH (Secure SHell)

SSH (Secure Shell) merupakan protokol di dalam jaringan komputer yang berfungsi untuk membantu pengguna komputer di dalam bertukar data, transfer data, serta mengendalikan komputer jarak jauh secara lebih aman. SSH menyediakan keamanan yang lebih baik dibandingkan protokol Telnet dan FTP. Di dalam SSH terjadi proses enkripsi, otoritas, dan otentikasi. SSH menggunakan port 22 untuk koneksi di dalam jaringan komputer.

Pada SSH terdapat SSH server, SSH client, dan SSH user. SSH server merupakan komputer yang akan dikendalikasn jarak jauh termasuk juga untuk proses tukar dan transfer data. SSH client merupakan client yang menggunakan SSH untuk melakukan otentikasi dan kendali ke komputer yang menjadi SSH server. Sedangkan SSH user merupakan pengguna yang melakukan kendali ke SSH server melalui SSH client.

2. Cara Menjalankan/Menggunakan Aplikasi SSH

Berbicara mengenai aplikasi SSH, tentunya dalam hal ini tidak lepas dari bagaimana cara kita untuk menjalankan/menggunakan aplikasi tersebut. Nah, kali ini saya akan sharing cara menggunakannya berdasarkan pengalaman saya dan tentunya saat itu saya menjalankan aplikasi SSH tersebut pada sistem operasi linux.
Berikut penjelasannya :

Pertama, saya membuka terminal lalu mengetik perintah sudo apt-get install ssh. Seperti gambar di bawah ini.


Setelah itu,  demi menjaga keamanan jaringan kita akan diminta untuk menginput password, lalu tekan enter



Berdasarkan gambar di atas, bahwa aplikasi ssh sudah selesai terinstall. Dan
setelah aplikasi ssh sudah selesai terinstall, langkah selanjutnya yaitu, saya diminta untuk ngeping ke komputer teman, untuk memastikan apakah sudah terkoneksi ke komputer teman atau belum. Dapat dilihat pada gambar dibawah ini

Jika komputer kita dan komputer teman sudah bisa terkoneksi seperti gambar diatas, langkah selanjutnya kita bisa mengirimkan data, terlebih dahulu dengan mengetik ssh 192.168.x.x (IP komputer teman), itu artinya kita bisa menjalankan komputer teman kita jarak jauh. Misalnya kita bisa mematikan komputer tersebut tanpa kita harus pergi kerumah nya, megirim data, tukar data,dll. kasus ini sesuai dengan fungsi aplikasi ssh yang telah saya jelaskan di atas.

Kemudian ketik touch hyemilagiapasekarang.txt. dalam kasus ini saya akan mengirimkan data ke teman saya Emi Fitri Utami. Agar lebih jelasnya kita dapat melihat gambar di bawah ini!


Itulah penjelasan mengenai aplikasi ssh beserta gambarnya yang dapat saya sampaikan. Semoga Bermanfaat :)


Referensi :
Pratama, IPAE. Handbook Jaringan Komputer. Informatika. Bandung. 2014.
https://scholar.google.co.id/citations?user=KZno-G8AAAAJ&hl=id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar