Rabu, 27 Juli 2016

Hubungan Antara Masyarakat, Internet, dan Komputer


Nama             : Rohana
NIM               : 2016 050003
Mata Kuliah  : K3 Umum


Hello Guys, di blog kali ini, saya akan sharing mengenai bagaimana hubungan antara Masyarakat, Internet, dan Komputer? serta bagaimana bentuk interaksi ketiga hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari?. Namun, sebelum menjawab pertanyaan di atas terlebih dahulu saya akan menyampaikan definisi dari Masyarakat, Internet, dan Komputer.

 1. Definisi Masyarakat 

Menurut Selo Sumardjan masyarakat merupakan sekelompok manusia yang tinggal bersama-sama dan menciptakan kebudayaan. Berdasarkan definisi masyarakat yang diutarakan oleh Selo Sumardjan tersebut, maka kita dapat mengambil kesimpulan bahwa masyarakat adalah sekelompok orang yang melakukan interaksi baik itu secara individu dengan individu, individu dengan kelompok, serta kelompok dengan kelompok sehingga dapat membentuk sebuah kebudayaan. Di dalam proses interaksi tersebut, maka akan terbentuk karakter dari masyarakat itu sendiri dan proses terbentuknya karakter tersebut bisa membuat terjalinnya suatu interaksi dalam kehidupan sosial. 

2. Definisi Internet

Internet merupakan teknologi yang sangat umum digunakan saat ini. Hampir semua jenis layanan dan aplikasi, baik komputer dekstop, komputer jinjing hingga perangkat mobile, terhubung ke internet. Internet merupakan jaringan komputer terbesar di dunia, yang menghubungkan semua jaringan komputer, baik menggunakan media kabel (wired) maupun nirkabel (wireless). Hal ini berarti bahwa di dalam internet banyak sekali komputer di seluruh dunia yang saling terhubung satu sama lain.

3. Definisi Komputer 

Komputer merupakan suatu alat hitung dengan konstruksi elektronika yang mempunyai storage internal (tempat penyimpanan) dan bekerja dengan bantuan sistem operasi (operating system) menurut program-program yang diberikan kepadanya. Dengan komputer, tentu saja masyarakat bisa menggunakannya untuk mempermudah dalam menyelesaikan pekerjaan. Kita ketahui bahwa perkembangan komputer zaman ini semakin canggih ditambah dengan akan diciptakannya komputer generasi keenam atau generasi komputer masa depan, yang tentunya komputer generasi keenam ini akan lebih memudahkan pekerjaan manusia serta lebih canggih dari generasi sebelumnya. 

Nah, setelah menyimak definisi dari masyarakat, internet dan komputer. Berikut ini adalah penjelasan dari hubungan ketiganya.

Berbicara mengenai masyarakat, internet, dan komputer tentunya memiliki kaitan yang begitu erat. Dimana ketiga-tiganya saling berhubungan satu sama lain. Internet sebagai gabungan seluruh jaringan komputer di seluruh dunia, serta komputer sebagai piranti yang banyak digunakan di dalam berbagai bidang kehidupan manusia. Kita ketahui bahwa sekarang merupakan zaman modern, dimana perkembangan teknologi semakin canggih dan pesat, kita dituntut untuk menguasai teknologi mengingat sekarang ini, masing-masing bidang pekerjaan manusia selalu menggunakan teknologi apapun profesi maupun jenis pekerjaannya. Misalnya guru, dokter, wirausaha, dll. Jenis pekerjaan tersebut pastinya selalu menggunakan teknologi dalam membantu proses pekerjaanya, khususnya menggunakan komputer. Jelas sekali bahwa masyarakat zaman sekarang memerlukan komputer sebagai alat untuk mempermudah pekerjaannya. Selain itu, pelajar/mahasiswa juga sangat membutuhkan komputer serta internet untuk membantu dalam proses belajar. Hubungan antar ketiganya pun mampu menciptakan masyarakat internet, masyarakat digital, dan masyarakat informasi, dimana keberadaan komputer dan internet setidaknya memberikan beberapa pengaruh positif yaitu terhapusnya digital divide (kesenjangan digital) dan knowledge devide (kesenjangan pengetahuan) serta mampu meningkatkan digital literacy masyarakat (kemampuan menggunakan komputer dan teknologi informasi).

Selain itu, terdapat beragam bentuk interaksi antar masyarakat, internet, dan komputer dalam kehidupan sehari-hari, yang secara nyata kita pun selalu mengalaminya. Hal ini cukup beralasan, mengingat di zaman ini, komputer dan internet adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan dan umumnya digunakan oleh manusia, sedangkan manusia adalah makhluk individu sekaligus makhluk sosial yang dapat berinteraksi satu sama lain dan membentuk masyarakat. Adapun bentuk interaksi anatara masyarakat, internet, dan komputer meliputi empat bidang, yaitu bidang pemerintahan (salah satu contohnya penyediaan website Pemerintahan Pusat maupun Pemerintahan Daerah), bidang pendidikan (salah satu contohnya penyediaan sistem informasi untuk mendukung proses pembelajaran), bidang pertahanan keamanan/militer (salah satu contohnya pada militer di Amerika Serikat), dan bidang ekonomi (salah satu contohnya proses penjualan barang dan jasa melalui toko online, berupa E-Commerce). Keempat bidang tersebut tentunya memberikan gambaran kepada kita bahwa antara masyarakat, internet, dan komputer saling berhubungan atau saling berinteraksi dengan kegunaannya masing-masing. Dimana interaksi antara internet dan komputer mampu memudahkan pekerjaan masyarakat dengan berbagai kebutuhan serta pekerjaannya.

Mungkin, itulah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai hubungan antara Masyarakat, Internet, dan Komputer.

Semoga Bermanfaat.



Referensi : Pratama, IPAE. Komputer dan Masyarakat. Informatika. Bandung. 2014.
https://scholar.google.co.id/citations?user=KZno-G8AAAAJ&hl=id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar