Minggu, 24 Juli 2016

Mengenal Perintah Command Prompt Perdana

 Nama          : Rohana
 NIM            : 2016 050003
 Mata Kuliah: Mendesain dan Membangun Server

 
Hello guys, di blog kali ini saya akan sharing pengalaman ni, dimana pengalaman pertama saya mengenal perintah Command Prompt (CMD) dengan OS berbasis LINUX yang di pandu langsung oleh dosen mata kuliah mendesain dan membangun server I Putu Agus Eka Pratama, ST.MT.

Nah, kali ini ada 8 perintah command prompt (cmd) di OS berbasis LINUX yang akan saya bahas berdasarkan pengalaman perdana saya ini :D, antara lain :
1. ping www.google.com
2. cat/etc/resolv.conf
3. sudo apt-get install traceroute
4. sudo mtr www.google.com
5. ifconfig
6. sudo apt-get install htop
7. sudo htop
8. sudo poweroff.

Namun sebelum itu guys, saya akan membahas mengenai apa sih yang dimaksud dengan perintah Command Prompt itu dan tujuannya untuk apa?

Command Prompt adalah sebuah perintah DOS yang ada di Windows yang bisa kita akses baik secara offline maupun online. Kita dapat mengakses file, mengganti nama file, dan memindahkan file dengan sangat mudah dengan menggunakan baris perintah.  Command prompt pada awalnya dengan sistem operasi DOS, adalah sistem operasi berbasis teks yang dikeluarkan oleh Microsoft jauh sebelum lahir sistem operasi Windows.  Sama seperti yang terdapat pada sistem operasi yang berbasis Linux yang dikembangkan dengan menggunakan UNIX sebagai fondasinya, DOS atau command prompt juga memliki daftar perintah berbasis teks yang harus diketikan pada console DOS atau command prompt.  Menguasai DOS merupakan sebuah pengetahuan dan skill yang cukup mumpuni dan diperhitungkan, yang sangat berguna untuk administrator jaringan berbasis windows.  Kita akan lebih mudah untuk menguasai NetBIOS Hacking atau remote komputer berbasis console Windows dengan mengetahui perintah-perintah DOS atau Command Prompt.  

Cara membuka Command Prompt di windows yaitu kita bisa membukanya dengan mengetik kata cmd pada search  dengan mengklik start terlebih dahulu, sedangkan di Linux kita bisa mengklik kanan mouse lalu klik perintah open terminal.

Lanjut guys, kali ini pembahasan saya mengenai fungsi dari 8 perintah di atas. Perintah-perintah tersebut secara langsung di jelaskan oleh dosen I Putu Agus Eka Pratama, ST.MT sebagai berikut:

1. ping www.google.com

Perintah ping www.google.com ini adalah perintah yang tujuannya memeriksa konektivitas jaringan dengan teknologi TCP/IP apakah komputer kita terhubung ke server google ataupun server lainnya di internet.

Setelah kita klik www.google.com, kita lanjut dengan menekan enter, lalu muncul seperti gambar di bawah ini!




2. cat/etc/resolv.conf

Perintah di atas berfungsi untuk menampilkan sebuah layer dan DNS server yang di tuju.
Agar lebih jelasnya, Anda bisa lihat gambar di bawah ini




 3.sudo apt_get install traceruote

Perintah di atas adalah perintah yang berfungsi untuk menginstall traceroute serta mengirimkan pesan ICMP ke tujuan dengan nilai ttl yang semakin meningkat. Seperti gambar berikut 




4.sudo mtr www.google.com

Perintah sudo mtr www.google.com ini fungsinya agar kita dapat melihat satistik IP yang sedang berjalan, dimana kita bisa lihat seperti gambar di bawah ini.





5. ifconfig

Perintah ifconfig adalah perintah yang fungsinya untuk melihat IP sendiri atau IP lokal secara langsung, seperti gambar berikut




6.sudo apt-get install htop

Perintah di atas memiliki fungsi agar kita bisa menginstall htop, dimana htop itu sendiri merupakan aplikasi yang berfungsi memonitoring sistem pada linux. Seperti gambar berikut





7.sudo htop

Setelah htop di install maka langkah selanjutnya adalah menekan perintah sudo htop, yang mana berfungsi untuk memperlihatkan proses jalannya aplikasi, kita dapat melihat gambar di bawah ini.




8.sudo poweroff.

Dan yang terakhir ini guys, mengenai perintah sudo poweroff, dimana perintah ini berfungsi untuk mematikan komputer dengan menggunakan open terminal tanpa mengklik perintah shut down, jadi gak perlu susah-susah mengklik perintah shut down di layar monitor :D.
Kamu dapat melihat gambar di bawah ini, lalu tekan enter ya guys maka komputer kita akan langsung mati.




Nah guys, itulah penjelasan singkat tentang fungsi perintah di Command Prompt yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat :)


Referensi :
Pratama, IPAE. Handbook Jaringan Komputer. Informatika. Bandung. 2014.
https://scholar.google.co.id/citations?user=KZno-G8AAAAJ&hl=id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar